Guest
Cara Pasang karbu Honda Tiger di Suzuki Thunder 125
« on: March 30, 2014, 11:29:33 PM »


Kali ini gue mau share langkah2 pemasangan karbu Honda Tiger di Suzuki Thunder125, pengalaman pribadi lho
Pertanyaan yg banyak ditanyain terutama dari temen2 setongkrongan di komunitas thunder, kenapa musti milih karbu Tiger?
padahal kan banyak pilihan lain yg lebih umum & opsi setingnya juga udah banyak yg fasih, contohnya karbu PE28, VM26 (RX-King), atau PWL26 (Ninja R)?

yg pasti, pilihan gue kali ini didasari dari pengalaman dari temen setongkrongan & juga beberapa diskusi di forum-forum otomotif, yg menyatakan bahwa pemakaian karbu-karbu yg disebut diatas (yg notabene karbu-karbu untuk motor jenis 2tak) masih aja ditemui kekurangan saat diaplikasi di motor 4tak terutama Thunder125 itu sendiri, diantaranya skep ngembun, sentakan gas ga bisa spontan (harus diurut biar ga ngok), brebet di putaran atas dll, sekalipun udah bolak-balik seting spuyer & jarum skep tapi kadang gejala-gejala tersebut masih ada & lumayan mengganggu.

Makanya pilihan gue buat pake karbu Tiger didasari karena kesamaan konstruksi mesin (sama-sama 4 tak); kebutuhan yang sesuai dengan konstruksi mesinnya itu sendiri (pernah baca di suatu tabloid kalo pengabutan 2tak & 4tak sedikit beda, 4tak lebih halus); fakta bahwa beberapa part di karbu ada kemiripan dengan si buas FCR (malah ada yg nyebut kalo karbu Tiger tuh FCR mini / FCR wannabe ); dan yg terakhir, ya karena pengen beda aja dari yg lain 

Oke, sekarang masuk ke langkah2 pemasangan karbu Tiger di Thunder 125. yg perlu disiapkan diantaranya :
1. Karet manifold Tiger atau Scorpio
2. Klem besi besar
3. Bor listrik dgn mata bor 6 atau 8mm
4. Kabel gas Tiger (kabel tarik)
5. (optional) Bor tuner atau bor listrik dengan mata bor gesek kecil
6. (optional) Pilot jet Honda Karisma ukuran 35

Langkah-langkah Pemasangan :

1. Modifikasi lubang baut karet manifold
untuk manifold Tiger & Scorpio musti geser lubang baut kiri (dengan posisi moncong menghadap kearah kita) gunakan bor listrik dan buat lubang baut +/- 1cm dari lubang aslinya dengan posisi sedikit serong kebawah.
khusus untuk manifold tiger, perlu ada penyesuaian di jalur daleman intakenya yaitu dengan menghaluskan tekukan yang tajam di bagian bawah menjadi lebih landai menggunakan bor tuner.

2. Pasang karet manifold ke head silinder
khusus untuk manifold tiger yang bentuknya sedikit menekuk, posisi lekukannya dibuat menghadap kebawah (standarnya di Tiger menekuk kesamping). itu dilakukan untuk mengantisipasi ruang di rangka thunder yang lumayan sempit karena bentuknya jembatan.

3. Sebelum memasang karbu ke dudukannya, seting dulu karbunya sesuai kebutuhan (soalnya kalo karbunya udah kepasang bakal males bongkar pasang lagi, sempit bro hehehe)
untuk mesin dengan kondisi standar, PJ masih bisa pake standarnya Tiger (uk.38) sementara MJ bisa pake standar bawaan karbu Thunder (uk.107,5 / 110). ukuran segitu disarankan untuk yg tinggal di daerah bersuhu dingin seperti saya (Bandung Utara) tapi kalo tinggal di perkotaan dengan suhu udara normal atau cenderung panas bisa diganti pake PJ Honda Karisma uk.35. kalo udah pake knalpot bobok atau knalpot aftermarket bisa pake MJ bawaan karbu Tigernya (uk.120).
Klip jarum skep dipasang di posisi tengah (ketiga dari atas). Setingan akselerator dibikin minim (cantolan per akselerator dipasang di coakan tengah).
Lain cerita kalo mesinnya udah abnormal alias udah bore-up, porting polish, upgrade pengapian, dll. setingnya silakan kulik sendiri ya

4. Pasang kabel gas
Pasangkan kabel gas di holder kabel gas, urut jalurnya di rangka sesuai dengan jalur kabel gas ori thunder biar ga cepet putus  pasang kabel gas ke karbu. Punya gue ini kabel gasnya cuma pake yg tarik aja karena masih mau pake holder gas ori. bisa aja sih pake kabel gas 2 (push-pull) tapi musti modifikasi holder gas atau pake holder gas Tiger.

5. Pasang kabel cuk
kabel cuk bisa pake yg ori thunder, tapi kalo pake setang trail/variasi jadi kependekan. pasang aja kabel gas thunder buat cuknya, tapi cantolan yg ke tuas cuknya musti dimodifikasi

6. Pasang karbunya di dudukannya.
kalo masih mau pasang filter udara ori masih bisa. kalo pasang manifold Scorpio bisa PnP, sementara kalo pasang manifold tiger musti potong sedikit belalai filternya biar pas & ga menekuk terlalu ekstrim. Kencangkan karbu dengan manifold & belalai filter udara menggunakan klem besi.

7. Pasang selang bensin, silakan digassss, blar blaaaarrr !!!!!

Kalo masih bingung step-by step pemasangannya, silakan dilihat video berikut :
[youtube]http://youtu.be/P4D4ohWYTGg[/youtube]

sumber : Om RedRock aka MY