Author Topic: Kopling Hidrolik  (Read 3275 times)

Offline JustinBrebet

  • Hansip
  • BigBoy
  • ******
  • Posts: 255
  • 496
Kopling Hidrolik
« on: December 05, 2012, 08:50:42 AM »
    Pada dasarnya kopling yang dipergunakan pada motor menggunakan sistem mekanik yaitu berupa kabel untuk menarik stut kopling. kelemahan sistem kopling mekanik ini adalah mudah putus karena umur pakai atau korosi pada kabel, ayunan tuas kopling kadang berat karena kabel kopling jarang dilumasi. Pada motor berkapasitas besar umumnya menggunakan kopling dengan sistem hidrolik yaitu fluida (cairan) sebagai pendorong pegas kopling. Cara kerja sistem ini mirip dengan cara kerja rem cakram. Pada sistem kopling hidrolik menggunakan master kopling ( pada sistem rem disebut master rem), apabila tuas kopling ditarik, fluida akan mengalir melalui selang kopling menuju silinder kopling yang nantinya akan mendorong pegas kopling. Keunggulan sistem kopling hidrolik adalah
    bebas perawatan karena menggunakan fluida, jadi tidak perlu melumasi kabel kopling seperti sistem mekanik, transfer tenaganya juga lebih efisien sehingga kopling tidak akan keras saat ditarik.










Di Indonesia, modifikasi menggunakan kopling hidrolik dilakukan dengan membuat dudukan master kopling bawah pada bak kopling karena pendorong pegas menggunakan silinder pada kaliper rem. sedangkan untuk master koplingnya menggunakan master kopling eks moge atau master rem kiri skutik. Karena merupakan hasil modifikasi, tentunya kopling hidrolik ini mempunyai kekurangan yaitu saat mesin panas biasanya karet-karet seal pada silinder akan memuai, hal ini berakibat sulit untuk pindah gigi karena kerapatan silinder untuk menekan pegas kopling berkurang, selain itu biaya pembuatannya yang relatif mahal.

    Kini telah ada kopling hidrolik universal yang dapat digunakan untuk semua jenis motor yang memakai kopling. Kopling ini hampir sama dengan kopling mekanis yang menggunakan kabel untuk menarik stut kopling, bedanya kopling ini menggunakan fluida untuk menarik stut kopling.Pada saat tuas kopling  ditarik fluida akan terdorong menuju sleeve sylinder yang nantinya akan menarik stut kopling. Harga kopling hidrolik universal tanpa merk ini berkisar 500 ribuan berupa master kopling, selang dan sleeve sylinder.