Author Topic: Macam-macam toolkit dan fungsinya  (Read 2949 times)

Offline sepele

  • BigBoy
  • **
  • Posts: 185
  • 1073
Macam-macam toolkit dan fungsinya
« on: July 07, 2012, 06:11:15 PM »


Rapid Gear Wrench
Kunci terlihat patah tidak hanya merek Facom. Ada juga merek Bullock’s. Tapi, intinya sama, hanya saja berbeda merek dan mungkin kualitas. Fungsinya, membuka atau kencangkan baut.

Uniknya, kunci yang nampak patah padahal tidak itu, enggak perlu lagi menarik dan memasukan kunci yang dijual Rp 200–500 ribuan ini ketika memutar baut. Sebab, melalui ujungnya itulah proses konvensional tak perlu dilakukan.

"Jelas menghemat waktu. Terlebih, jika membuka baut di ruang yang agak sempit," kata Dony Djaja, sales manager PT Sarana Tehnik Mandiri Abadi yang menjual Bullock’s.



Twist Socket
Jika alami baut slek, membukannya enggak perlu digetok pakai benda tajam biar berputar. Tapi, bisa menggunakan tool yang disebut Twist Socket ini. Kunci special fungsi ini dihargai Rp 250-270 ribu.

Cara pakainya pun mudah! Tinggal masukan mulut soket ini ke baut yang slek lalu digetok palu. Setelah masuk, tinggal buka menggunakan handel racetan atau handel kunci sok. Kunci ini tersedia buat buka baut mulai dari ukuran 10 – 22 mm.



Obeng Praktis
Ketika membongkar baut kembang pakai obeng alias screwdrivers, pastinya ingin proses menjadi praktis dan cepat. Solusinya, bisa tempuh obeng merek Facom ini. Menariknya, karena tidak perlu angkat obeng untuk kembali memutar baut. Tapi, cukup terus memutar.

Sebab, obeng ini tak ubahnya kunci sok alias ratchet. Buat mengendurkan atau mengencangkan baut, tinggal menggeser bagian bawah gagang obeng saja. So, soal waktu pasti lebih efisien tuh!



Kunci Mahkota
Saat ganti kampas kopling Honda Tiger, biasanya bengkel umum yang tidak punya kunci lengkap kerap ketok pompa oli. Tindakan ini selain merusak bagian pompa oli, juga bikin bekas pahatan yang tidak hilang.

Treker atau kunci mahkota gigi primer khusus Honda Tiger juga sebenarnya ada. "Seperti merek JCK yang dihargai Rp 60 ribu ini," kata Ayung tokonya yang berada di Lindeteves Trade Center (LTC) GF2 Blok C 1-3, Jl. Hayam Wuruk No.127, Jakarta Barat.



Hollow Punch Set 3-25 mm
Kunci ini digunakan untuk membolongi pelat besi dan plastik yang bersifat polyuretan. Misalnya, seperti pelindung rantai. “Saya sudah pernah coba di Ninja saya dan hasilnya bagus juga rapi,” ungkap Beby dari tokonya yang berada di LTC Glodok, Lt. GF1, Blok. C12, No. 1&5, Jakarta Barat.

Dibanderol dengan harga Rp 200 ribu, kemasan mirip tempat CD. Jadi, bisa disimpan ditempat yang praktis. Kunci ini cocok untuk modifikator yang sering membolongi pelat besi dan plastik.



Alat Potong Rantai
Masih menggunakan ca­ra lama kala memotong rantai rantai? Yaitu dengan main ketok pake palu, baiknya tinggalkan cara lama itu! Sebab, ada alat praktis untuk memotong atau masang kembali pin rantai. Misalnya buatan Bullock’s. Dijual, Rp 134 ribu.

Caranya penggunaannya, letakkan di mata rantai yang akan dipotong. Lantas, putar handel hingga mata treker menekan pin rantai sampai keluar.



Kunci S
Kunci ini bentuknya mirip huruf S, maka itu namanya pun S Shape Box Wrench Set. Bentuknya yang unik berfungsi untuk membuka dan mengencangkan baut yang berada dicelah sempit.

Alat ini dilego Rp 250 ribu. Biasanya orang agak aneh dengan bentuknya. Tapi, jika dilihat dari fungsinya, alat ini berguna untuk membuka baut yang sulit dijangkau.



Mini Drill Set
Sekilas kunci ini mirip dengan tespen. Mungkin karena gagangnya yang memang mirip dengan alat pengetes arus listrik itu. Tapi, jika melihat batangnya dan ulirnya kecil, kadang orang banyak yang tidak tahu alat ini untuk apa.

Jika melihat bentuknya, alat ini fungsinya sama dengan mata bor yang berfungsi untuk membuat lubang. Tetapi, karena mata bornya yang kecil, sehingga fungsinya untuk membolongi lubang spuyer pada karburator. Harganya yang hanya Rp 80 ribu.

Penulis : Panji, Ismet, Hanggi | Teks Editor : KR15 | Foto : Endro, Yudi, Ismet

Offline madballx

  • Venus Enthusiast
  • Hansip
  • BikersPit
  • *****
  • Posts: 3.595
  • 4191
Re: Macam-macam toolkit dan fungsinya
« Reply #1 on: July 17, 2012, 10:36:58 AM »
ane baru tau, jadi pengen punya :D

Offline mya412135

  • BikersPit
  • ******
  • Posts: 3.584
  • 3625
Re: Macam-macam toolkit dan fungsinya
« Reply #2 on: July 19, 2012, 11:08:23 AM »
mahal bor:lipsrsealed: