Author Topic: Mengatasi Baut Dol, Pilih Caranya!  (Read 460 times)

Offline Bruce Wayne

  • Hansip
  • BigBoy
  • *****
  • Posts: 236
  • 17031
Mengatasi Baut Dol, Pilih Caranya!
« on: June 01, 2013, 04:21:59 AM »


Buat bikers yang suka utak-atik motor, kejadian ulir baut slek atau dol tentu menyebalkan. Terutama di bagian mesin. Buat penanganan cepat dan tepat agar motor bisa kembali beraksi, paling gampang mengganti baut dengan ulir yang ukurannya lebih besar.

Mudahnya, ganti baut ulir halus (ISO Metric) ke kasar (Amerika). Sudut ulir sama, tapi versi ISO Metric dengan milimeter. Sedang standar Amerika memakai ukuran inci.

Jadi, semisal baut ukuran 10 mm seperti yang dipakai di tutup gir depan jadi slek, bisa diganti baut ukuran 5/16 inci. Caranya, masukkan baut kasar ke lubang ulir yang rusak pakai kunci ring (gambar atas). Putar perlahan sambil tetesi oli.



Trik lain dengan memakai baut yang lebih besar 1 tingkat. Misal baut knalpot Tiger yang aslinya ukuran 11 mm jadi 12 mm. Kalau ini harus dilakukan di bengkel, karena harus memakai bor listrik untuk memperbesar ukuran ulir. Lalu, buat ulir baru dengan alat pembuat ulir (hand tap) (gambar bawah kiri). Hand tap diputar bolak-balik sambil ditetesi oli.

Untuk lubang yang slek dan perlu dikembalikan ke ukuran standarnya, ada 2 cara nih bro. Pertama memakai recoil thread, ini adalah lilitan ulir di bagian luar dan dalam yang akan dipasang di dalam ulir yang rusak.

Pengerjaannya praktis meski alatnya tak banyak bengkel yang punya. “Berguna saat pas balap, kalau ada masalah baut slek bisa dikerjakan dengan cepat dengan recoil,” kata Erwin Oei alias Akiang, mekanik tim Honda Sphinx OEI dari Ciputat Tangerang Selatan.

Cara kedua, buat yang ingin hasil rapi seperti aslinya. Yaitu, menutup lubang lama dengan teknik pengelasan babet, selanjutnya dilubangi dengan bor listrik dan dibikin ulir baru dengan ukuran yang sama dengan ulir lama. (motorplus-online.com)
Penulis : Yongki | Foto : Joppie