Author Topic: Pasang Sakelar Lampu Honda Tiger di CB150R  (Read 506 times)

Offline Bruce Wayne

  • Hansip
  • BigBoy
  • *****
  • Posts: 259
  • 17031
Pasang Sakelar Lampu Honda Tiger di CB150R
« on: April 28, 2013, 11:16:44 PM »


Belum lama Honda CB150R keluar membelah jalanan Tanah air. Tips ringan untuk motor sport injeksi ini sudah mulai ada. Salah satunya pasang sakelar lampu depan ganti pakai punya Honda Tiger Revo.

Sakelar kanan pada Honda CB150R ini hanya ada sakelar starter. Teknologi light on yang ada pada motor ini membuat lampu depan nyala terus. Tapi, bagi sebagian bikers hal ini menjadi dilema.

“Kalau malam-malam masuk gang atau komplek suka nggak enak pada orang-orang di lingkungan sekitar. Kena sorot lampu depan bikin silau,” jelas Eko Supriyanto, pemilik Honda CB150R warna hitam.

Pria yang bekerja di perusahaan finance ini berinisiatif pakai sakelar lampu depan punya Honda Tiger. Idenya ini direalisasikan dengan menyambangi bengkel Mandiri Motor yang dikomandoi Bronto Laras alias Bronx.

Bronx yang memang spesialis Honda Tiger tak perlu banyak berpikir. “Kebetulan diameter setang Honda CB150R dengan Honda Tiger Revo sama-sama berukuran 2,3 mm,” kata Bronx. Diameternya memang sama, hanya sedikit perbedaan yaitu setang punya Honda CB150 lebih pendek tingginya ketimbang Tiger Revo.

Langkah awal langsung pretelin bagian sakelar dan lampu depan. Sebelumnya jangan lupa beli dulu sakelar Honda Tiger Revo seharga Rp 155 ribu. Agar sakelar Tiger Revo bisa nemplok di setang Honda CB150R, lubangi dulu pakai mata bor ukuran 5.



“Pakai mata bor 5 sampai 8 biar lubangnya bisa diperbesar sesuai ukuran baut. Posisi bornya sendiri sekita 2-3 cm dari lubang aslinya,” jelas Bronx yang ngendon di Jl. Panjang Raya No.116, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Kabel gas Honda CB150R ada dua. Jadi, pakai sakelar Honda Tiger Revo ini sangat pas. Posisi kabel gasnya pun sama-sama menghadap ke depan. “Kalau pakai sakelar punya motor lain ada juga yang menghadap ke bawah. Kalau menghadap ke bawah bisa bikin kabel melintir saat setang belok,” ujar Bronx.

Untuk urusan kabel, Bronx yang aktif di komunitas Honda Tiger Mailing List (HTML) enggak terlalu sulit. “Harus lebih hati-hati aja. Kabel kelistrikan di sakelar yang terdiri dari engine stop, starter, lampu kecil dan lampu besar harus terpasang benar. Ini agar garansi kelistrikan nggak hilang,” wanti Bronx.

“Harus beli juga kabel sakelarnya seharga Rp 75 ribu, itu sudah termasuk ongkos pasang,” tutup Bronx yang bisa dihubungi di nomor (021) 9977-1821.

Perangkat sakelar Honda Tiger Revo dengan Honda CB150R memang hampir sama. Makanya subtitusinya pun bukan hanya sakelar sebelah kanan saja. “Pasang sakelar kiri punya Honda Tiger juga bisa. Jadi, bisa pakai lampu DIM atau lampu tembak. Tapi, harus tambah biayanya,” tambah mekanik humoris ini. Ingat!

Kalau sudah ganti sakelar punya Tiger Revo ini, jangan lupa nyalakan lampu depan saat akan berkendara. Kalau sampai lupa bisa disemprit polisi. (motorplus-online.com)
Penulis : Ismet | Foto : Ismet