Guest
Review Bosh Arm Kuningan untuk T250
« on: December 13, 2013, 07:14:57 PM »
Review Bosh Arm Kuningan untuk T250

Kemarin bikerspit mencoba membeli bosh arm dari bahan kuningan untuk Thunder GS250x tahun 1999
saya sebut kuningan disini karena memang besi perunggu (bronze) yg berkualitas baik, cerah biasanya mudah disebut "Kuningan"



menurut informasi penjual, Hari Suprapto, bahan pembuat bushing swing arm ini adalah AB2 Bronze dan Alloy Steel VCN 150

AB2 Bronze merupakan kuningan dengan kandungan major Aluminium (Al) sebanyak 8-10%.
bahan tersebut merupakan konduktor yang baik juga buat panas dan memiliki kelebihan yaitu tahan korosi dan juga secara luas digunakan dalam bingkai jendela dan badan pesawat terbang, dan sebagai bantalan lengan ayun tentu tidak menjadi masalah besar bagi bahan tersebut yang memiliki kekuatan tensile ( daya tahan regang/tarik) sebesar 640-700 MPa atau mungkin setara 7 ton per sentimeter perseginya...dengan panjang dimensi hanya sekitar 10cm, maka diyakini bosh arm made in Hari Suprapto ini dapat menahan beban sebesar 70 ton sebelum akhirnya deformasi atau hancur.

sedangkan komposisi besi baja campuran VCN 150 adalah baja nikel dan krom, dengan komposisi utama yaitu nikel sebesar 2%.
bahan ini termasuk dalam kategori baja spesifikasi tinggi dengan kemampuan menahan sebesar 220 – 250 BHN *(Brinell Hardness Number) atau setara dengan load factor 300-500kg/mm, dan bahan ini umumnya dipakai sebagai as baling-baling pesawat, tuas roda pesawat hingga untuk suku cadang alat drilling di industri pengeboran.

saat pemasangan di lengan ayun t250, tampaknya presisi pembuatan cukup baik, pada busing sebelah kiri unit masuk dengan mudah dan sempurna, cukup unik bahwa saudara Hari membuatkan grease duct (garis pelumas) untuk menjaga ketersediaan grease didalam bushing (Gb.1) hanya pada bagian kanan perlu sedikit diketok agar dapat masuk sempurna pada bagian belakang busing (gb.2), ada sedikit missed dalam proses tuning bubut tampaknya dan mudah untuk diperbaiki, tapi tidak menjadi masalah karena secara mekanik, bushing ini berfungsi setengah lingkaran, atau hanya sebagian permukaan yang bekerja terus menerus.

perbedaaan dengan suku cadang asli adalah bushing asli bawaan t250 memiliki bantalan bearing (gb.3), yang tujuannya adalah selain fungsionalitas, juga mempermudah saat pembongkaran bushing, terutama yang bahannya besi yang sudah berkarat dan teroksidasi dengan besi swing arm..kita tahu rasanya mengeluarkan besi pipa yang nyangkut karena karat, namun saya yakin bahwa bahan bronze dari unit yang dibuat oleh saudara Hari ini tidak akan bersenyawa dengan besi lengan ayun, jadi tampaknya tidak terlalu menjadi masalah ada atau tidaknya bantalan bearing tersebut.

Gambar 1


Gambar 2


gambar 3


dan hari berikutnya saya akan melakukan pengujian di jalur Cikidang, Sukabumi hingga pelabuhan ratu,
dengan kendaraan yang sama dan jenis ban depan FDR 110/80 18" dan belakang BT92 160/60 17" yang keduanya dalam kondisi 100% baru dipasang berbarengan dengan bushing bronze tersebut, jadi sedikit saja ada gangguan akibat pemasangan, tentunya akan mudah dirasakan oleh pengendara.

sebagai hasil review awal, saya kira dengan harga Rp.350.000 diluar ongkos kirim, cukup terjangkau dibandingkan part orisinil seharga 275rb.
dan juga tersedia untuk varian Thunder 125 (en125), bagi saya tampaknya ini salah satu part subtitusi yang akan berumur panjang di kendaraan anda.

semoga bermanfaat.
Re: Review Bosh Arm Kuningan untuk T250
« Reply #1 on: February 21, 2014, 09:17:44 PM »
Salam hormat saya untuk semua member di forum ini.

Pertama-tama saya ucapkan terima kasih pada ID Justin Brebet yang telah membuat review dari barang yang saya buat ini.
Pada akun FB saya di https://www.facebook.com/hari.suprapto.16 saya telah membuat tanggapan resmi atas review ini di https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=788356164513980&id=100000188110213&refid=17

Selengkapnya sebagai berikut :

Memperhatikan review dari Bapak Caesar Trinova atas produk bushing/bosh swing arm yang saya produksi pada website BIKERSPIT (Indonesian Bikers Forum) di link : http://www.bikerspit.com/bengkel-bikers/review-bosh-arm-kuningan-untuk-t250/ , dengan ini saya sampaikan tanggapan sebagai berikut :

1. Saya mengucapkan banyak terima kasih atas review objektif yang telah ditulis dengan pembahasan yang lengkap dan yang telah dipublikasikan pada website tersebut.

2. Sebelum sampai ke tangan pembeli, saya ,terlebih dahulu memoles bushing dengan cairan pengkilap logam. Dengan perlakuan ini, maka material logam akan nampak lebih cerah, termasuk diantaranya adalah aluminium bronze (AB2) yang akan nampak seperti kuningan (brass).

3. Uraian tentang komposisi, sifat mekanis, daya tahan regang dan kemampuan ketahanan menopang beban, bahkan hingga penjelasan tentang penggunaan secara spesifik pada bahan material yang saya gunakan, yaitu AB2 dan VCN 150 tentunya akan menambah wawasan bagi siapapun yang membacanya.

4. Mengenai dimensi produk dan kesesuaiannya saat dipasang pada swing arm, kami berupaya untuk mencapai tingkat ukuran yang sepresisi mungkin. Sebagai info tambahan, kami menggunakan suaian transition fit/press fit.

5. Mengenai grease duct (garis pelumas), tepat sekali seperti yang ditulis Pak Caesar : fungsi grease duct tersebut untuk menjaga ketersediaan grease di dalam bushing. Dan perlu diinformasikan bahwa sebelum sampai ke tangan pembeli, kami sengaja melumuri grease pada lingkaran dalam dan luar bushing VCN150 dengan klasifikasi grease yang direkomendasikan untuk penggunaan bushing, yaitu grease berjenis lithium complex dengan tingkat kekentalan berdasarkan NLGI (National Grease Lubrication Institute) berada pada nomor 3. Atau pengguna dapat juga menggunakan grease dengan NLGI 2.

6. Mengenai goresan pada produk, kami akan memperbaiki seluruh proses pengerjaan sehingga dapat dengan lebih baik diterima konsumen.

7. Mengenai karat, tepat sekali yang ditulis Pak Caesar, bahwa AB2 tidak akan bersenyawa dengan besi swing arm karena sifat AB2 yang tahan karat. Dan jika dibandingkan dengan produk originalnya, dengan design produk yang kami buat, maka sudah tidak diperlukan lagi adanya bearing/laher.

8. Mengenai rencana touring menuju Cikidang, Sukabumi yang dilakukan Pak Caesar dengan beberapa part baru, yaitu bushing swing arm dan ban, maka jika berkenan, mohon kiranya Pak Caesar dapat memberikan penilaian terhadap penggunaan bushing swing arm setelah digunakan.

9. Kami berupaya memberikan harga yang sekiranya terjangkau untuk semua lapisan masyarakat dengan tujuan agar pengguna mendapatkan part dengan kualitas yang dapat dikatakan diatas rata-rata dan dengan kemampuan waktu pakai yang panjang.

Demikian tanggapan saya, semoga bermanfaat.
Terima kasih.
Skoy!!!

Nah kira-kira demikian tanggapan saya.
Terima kasih atas kesedian waktu membaca postingan ini.
Skoy!!!  :Smiley: :Smiley: :Smiley:
Re: Review Bosh Arm Kuningan untuk T250
« Reply #2 on: February 21, 2014, 09:49:45 PM »
Iya om HS, rencananya memang akan di update kondisi bosh arm tsb saat jadwal tune up kaki2 motor dalam waktu dekat ini, tentunya dengan foto2 setelah penggunaan mencapai 5000 km.
walau agak sayang rasanya bongkar lagi..tapi penasaran tetap ada jadi pasti akan di update nanti. :jump:
Skoy juga!