Guest
Beli Motor Suzuki Inden, Bisa Cek di Komputer
« on: January 23, 2014, 10:35:00 PM »


Pindah tugasnya Endro Nugroho dari pimpinan penjualan mobil menjadi ke ranah roda dua disebut-sebut menjadi satu tugas untuk memperbaiki citra Suzuki yang lebih jauh terkait dengan penjualan di divisi sepeda motor. Pria yang kini menjabat Deputy Division Head 2W Sales & Marketing itu sendiri yakin bahwa penjualan dan terutama citra bisa diperbaiki dengan bermacam terobosan.

Ia pun mencontohkan bahwa keberhasilan penjualan di mobil bisa dilakukan dengan berbagai kiat yang dilakukan secara total, salah satunya dengan melihat kebutuhan pasar. Seperti adanya informasi bagi mereka yang membeli kendaraan dalam status inden.
"Menurut saya, marketing itu sama pada dasarnya. Kita melihat pasar, kita melihat kompetisi, melihat konsumen, mencari peluang yang bisa menjadi terobosan. Memangnya dipikir roda empat tidak perlu terobosan? Banyak terobosannya. Orang inden bisa ngecek di komputer. Orang test drive, hadiahnya mobil. Banyak loh yang kita ubah. Itu butuh waktu memang, tapi saya pikir roda dua bisa kalau mau," ungkapnya.

Seperti diberitakan, penjualan sepeda motor Suzuki dalam tiga tahun belakangan terus mengalami penurunan. Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) menunjukkan bahwa penjualan Suzuki pada 2011 sendiri mencapai 494.481 motor.

Namun, pada 2012, penjualan roda dua mereka berkurang menjadi 465.630 unit. Pada, 2013, penjualan total mereka merosot lagi menjadi 393.803 unit. Hal ini pun membuat Suzuki membutuhkan strategi baru.