Guest

Offline tomcat

*
  • **
  • 181
apple lirik pasar otomotif
« on: March 07, 2013, 03:12:27 AM »


Pasadena, KompasOtomotif – Pertama kali keluar pada  2000, Apple hanyalah sebuah produsen komputer. Tapi kini, hampir semua sendi kehidupan tak lepas dari Apple. Mulai dari telepon seluler, laptop, pemutar musik, hingga tablet dan bersiap mengembangkan sayap, di bidang otomotif.

Shane Baxley, ilmuwan desain transportasi dari Art Center College of Design di Pasadena, AS, berpikir bahwa mobil akan menjadi pilihan tepat Apple untuk merambah dunia lain. Dengan sangat percaya diri, sang profesor membuat sebuah grand design alat transportasi, dan diajukan kepada Apple Inc. agar dipertimbangkan.

Proyek Baxley dinamakan iGo, dengan desain tiga kendaraan personal bertenaga listrik. Kendaraan pertama adalah iMe, mobil sangat kecil untuk satu penumpang. Khusus untuk iMe, pengisian baterai dilakukan secara nirkabel di sepanjang jalan. Karena ini kendaraan personal, jarak tempuhnya hanya sekitar 56 km.

Desain kedua adalah iWe, kendaraan keluarga mempunyai jarak tempuh jauh, yakni 480 km. Model ini sangat unik, dengan desain depan dan belakang yang sama. Mengemudinya pun bisa berbalikan arah, seperti lokomotif KRL yang bisa maju-mundur. Dan terakhir (ketiga),  iUs, pengembangan dari iWe yang lebih diarahkan untuk kendaraan berdua. Modelnya mirip iWe, tetapi kaca depan agak ditekuk ke dalam. Model ini bisa dipacu sejauh 320 km tanpa pengisian baterai.

iWe dan iUs menggunakan baterai Tesla lithium-ion, yang ditopang oleh sasis ringan dengan center of gravity rendah. Motor listrik ini bisa melesatkan mobil 0-100 km per jam kurang dari 5 detik.

Cloud Computing
Ketiganya akan dikontrol oleh cloud computing dari Apple Cloud Network. ”Pada saatnya nanti, 75 persen dari semua kendaraan di jalanan akan menggunakan teknologi Cloud. Semua data mobil disimpan dalam jaringan ini dan bisa diakses kapan saja di mana saja tanpa membawa komputer. Cukup di dalam mobil,” terang Baxley.

Ada tagline untuk ketiganya. ”iGo, Travel done Apple”. Jika desain ini disetujui Apple, bukan tidak mungkin ketiga model akan digandrungi penduduk seluruh dunia, layaknya iPod, iPohone, MacBook, hingga iPad!

Sumber: carscoop

[spoiler]
[/spoiler]

Offline madballx

*
  • Venus Enthusiast
  • *****
  • 3.592
Re: apple lirik pasar otomotif
« Reply #1 on: March 08, 2013, 10:31:17 AM »
Malah kek peti mati  :Question: