Guest
Street Custom
« on: April 17, 2012, 07:10:46 PM »
Semua orang juga tau kalau negara Jepang adalah produsen motor terbesar di dunia, dan mereka memiliki sejumlah merek motor yang sudah terkenal, HONDA, YAMAHA, KAWASAKI, dan SUZUKI.
Asal tau saja, ternyata modifikasi motor yang lagi ngetrend sekarang ini khususnya di Indonesia bukan lagi memainkan motor Jepang keluaran terbaru, tetapi juga modifikasi motor lawas alias motor tua jadi selera Jepang dengan sebutan ‘Japs Style’.

Yang berkembang bukan saja modif untuk motor lawas Jepang, tetapi juga diikuti oleh motor-motor lawas Amerika (HD) dan juga motor Eropa lainnya.

Sejarah Singkat Japs Style
Sebenarnya modif aliran Japs Style ini memang sudah cukup lama beredar, sejak tahun 1990-an aliran Japs Style sudah dikenal di Husibuya Tokyo Jepang dengan sebutan Braddty Style.

Dalam perkembangannya, Japs Style memiliki berbagai macam aliran, antara lain Braty Style, Street Tracker, Flat Tracker, Street Demon, Japaneesse South Carolina, dan juga Cafe’ Racer. Jadi, pada awalnya muda-mudi Jepang mencontek gaya builder Amerika yang dikenal dengan desain Socal (South California), disana mereka mengadopsi motor pabrikan negaranya sendiri.

Japs Style di Indonesia
Bagaimana sejarahnya aliran Japs Style sampai ke Indonesia? Dari beberapa literatur yang ada, konon modif ini dibawa oleh anak muda asal Bandung, yaitu Franky Morry Astorianto pemilik bengkel modifikasi motor ‘Yasashi Garage’.

Yang tidak disangka adalah, Franky tidak pernah menyangka kalau hobi dari utak-atik motor yang dilakoninya kini bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Dengan bendera usaha Yasashi Garage, ia bersama dengan 5 orang builder lainnya siap menyulap motor tua jadi macho.

Lagi-lagi Bandung memang segalanya bagi dunia bikers. Bandung sangat dikenal dengan ide-ide, maupun kreatifitas yang luar biasa, bahkan sangat liar dalam berkreasi. Punya gaya, maupun khas modifikasi dari berbagai belahan dunia, termasuk desain modif dari negeri Sakura Jepang ataupun negara lainnya.

Tapi, berdasarkan perkembangannya, pakem modifikasi ini mulai terkotak2, tergantung dari ciri khas yang diusung workshop modifikasi ataupun komunitas tertentu, diantaranya :




1. Bratstyle
Banyak salah kaprah mengenai nama ini, yang sering disalah artikan sebagai nama sebuah aliran modifikasi, padahal Bratstyle merupakan nama sebuah workshop modifikasi yang bertempat di Saitama, Jepang. beberapa karya workshop ini memang mempunyai ciri2 khusus yang membedakan dengan workshop lainnya, seperti tangki chopper style (dengan tulisan Bratstyle tentunya ), ban yang besar dan tinggi dengan kembangan klasik, warna yang cenderung flat dan gelap, dan lainnya.
[spoiler][/spoiler]


2. Wrechmonkees
Sama seperti Bratstyle, Wrechmonkees juga merupakan workshop modifikasi yang memiliki ciri2 tertentu sehingga sering dijadikan referensi modifikasi. Workshop yg bertempat di Copenhagen, Denmark ini biasanya memodifikasi motor2 cc besar tua atau baru, buatan inggris maupun jepang.
[spoiler][/spoiler]


3. Heiwa
Heiwa merupakan workshop modifikasi yang bertempat di Jepang. hasil karya dari workshop ini memiliki ciri khusus, diantaranya tangki yang cenderung flat dan kecil serta wadah komponen kelistrikan di bawah jok yang memiliki bentuk yang unik. Biasanya memodifikasi motor cc kecil dan menengah.
[spoiler][/spoiler]


4. Sinners & SoCal
Sinners (atau lebih tepatnya The Sinners) merupakan suatu komunitas motor yang anggotanya tersebar di beberapa negara bagian di Amerika. Sebagian besar anggotanya menggunakan The Big V (harley davidson) dan rata2 memodifikasinya dengan referensi chopper style namun dengan menambahkan "bumbu" setang z-bar / t-bar / u-bar yang tidak lebar, membuatnya terlihat unik dan berbeda dengan chopper kebanyakan. Sementara Socal merupakan singkatan dari South California, merupakan salah satu "chapter" dari komunitas Sinners, motor anggotanya memiliki ciri khas yang hampir sama dengan Sinners, namun dengan penggunaan ban kecil dan tampilan keseluruhan lebih klasik daripada Sinners pada umumnya.
[spoiler]
[/spoiler]


5. Hotrod
Hotrod merupakan suatu pakem modifikasi mobil yang biasa dianut para muscle-car mania. Big block, classic car with powerfull engine, dan biasanya diadu di dragstrip. Penampilan menjadi salah satu nilai plus, maka beberapa diantaranya mengecat ulang mobil2 klasik mereka dengan tampilan cat yang gahar. Di komunitas biker, tampilan cat yang gahar (mostly hitam doff + pernik merah atau putih) yang biasanya menjadikan suatu motor disebut beraliran hotrod, tanpa ada ciri khas tampilan tertentu lainnya.
[spoiler][/spoiler]


6. Cafe Racer
Cafe racer merupakan suatu pakem modifikasi yang dianut para biker di negeri2 Eropa saat awal2 kemunculan motor2 cc besar Eropa (Norton, Triumph dll) yang mengisi waktu luangnya dengan balapan dari cafe ke cafe (rest area). Tampilan motor para "racer" ini pun terinspirasi dari tampilan motor balap yang sbenarnya pada zaman itu, yaitu setang clip-on, buntut tawon dan aksesoris lainnya seperti visor. Ciri khasnya pun sampai merembet ke para racer, yang biasanya menggunakan jaket kulit dan disebut Rockers.
[spoiler][/spoiler]


7. Flat Tracker
Flat track merupakan suatu ajang balapan yang dilaksanakan di trek tanah. Tampilan motornya memiliki ciri khas diantaranya tangki yang kecil dan buntut yang meruncing.
[spoiler][/spoiler]


8. Street Tracker
Street Tracker merupakan suatu paduan dari motor tracker atau enduro dengan motor jalanan, tampilannya layaknya trail tahun2 lama seperti honda XL, suzuki TS, Yamaha DT, namun disesuaikan dengan kebutuhan jalanan. Beberapa motor JDM saat ini juga menganut aliran street tracker, seperti Suzuki Bigboy dan Honda FTR.
[spoiler][/spoiler]


Diantara sekian banyak referensi dari luar negeri, beberapa workshop di dalam negeri pun mulai berani memunculkan ciri khasnya sendiri, tentunya agar tidak kalah bersaing dengan negara lain dan membuktikan kreatifitas dari anak bangsa. Siapa saja mereka ? cekidot :

1. Hajarbroxx
Beberapa minggu belakangan nama workshop ini menjadi harum karena karyanya sempat masuk di beberapa situs roda dua internasional, salah satunya BikeExif. Workshop yang dikomandani Gifni Richata dan bertempat di Bandung ini memiliki ciri khas yang unik pada beberapa karyanya, yaitu warna yang cenderung flat namun unik (jarang digunakan), dibumbui aliran tracker atau hillclimb, dan logo workshop yang tertempel di tangki setiap hasil karyanya.
[spoiler][/spoiler]


2. Axietruz
Inilah salah satu pelopor workshop japstyle di Bandung, atau mungkin di Indonesia. Sandi, sang owner yang juga merupakan founder komunitas Streetdemon yang mulai menyebarkan virus japs style dari hasil2 karya workshopnya. Kebanyakan beraliran stracker dan street-tracker, namun pernah pula memodifikasi ala cafe racer.



3. Yasashi
Frangky Morri sang pemilik workshop juga merupakan salah satu founder komunitas Streetdemon. Nama workshopnya yang berbau Jepang, yang mungkin pula membuat naiknya pamor nama "japs style" sebagai sebuah aliran modifikasi. Hasil karyanya memadukan berbagai referensi modifikasi, namun yang menjadi ciri khas adalah karyanya "Sukebe", sebuah motor bermesin kecil namun menggunakan ban yang besar yang biasanya digunakan motor cc besar sekelas harley. Kelebihan dari workshop ini adalah penggunan cat yang berkelas internasional.
[spoiler][/spoiler]


4. Glanets Radical
Workshop ini merupakan pelopor pembuat choppy-cub, sebutan untuk motor cub (bebek) yang diubah dengan tampilan layaknya chopper dengan memangkas rangka dan bodi sana-sini, pernik2 yang menarik hingga tampilan cat ala hotrod atau japsocal. Hingga kini, Purnama sang pemilik yang juga merupakan founder komunitas Streetdemon telah menelurkan berbagai karya patut diapresiasi tinggi.



dan masih banyak lagi wokshop lainnya yang juga telah menghasilkan karya2 yang menakjubkan dan memiliki ciri khas tersendiri, bahkan menonjolkan ciri ke-Indonesia-an yang kental, sehingga sudah sepantasnya kita tidak menyebut pakem "JAPS STYLE" lagi, tapi menjadi

"INDONESIAN STREET CUSTOM"

mochyuga a.k.a radrock >> http://gilamotor.com/forums/showthread.php?t=1244

--------------update dari mochyuga-----------------

Streetcub
[spoiler]

katanya sih, lagi happening di jekardah nih :) beda dengan choppy-cub yg mendekati gaya2 sinner/socal, streetcub lebih simpel dengan ciri setang telanjang dan bodi standar, dibumbui dengan pernik lampu2 yg imut. pilihan ban besar sebenarnya ciri tersendiri yg dicetuskan suatu komunitas streetcub di jakarta, sementara pada "root"nya di jepang dan eropa lebih banyak menggunakan ban kembangan klasik dan kenbangan dual-purpose[/spoiler]

Dragster
[spoiler]


sedikit saru dengan tampilan cafe racer sebetulnya, tapi ada beberapa kalangan yg lebih nyaman menyebutnya dragster ketimbang cafe racer. cafe racer masih menyisakan sedikit "kenyamanan" untuk bermanuver sementara dragster terlihat lebih kaku layaknya motor drag-race betulan. dan satu lagi, dragster biasanya tidak mempunyai buntut tawon layaknya cafe racer, rata2 menggunakan jok rata sepert street-tracker
[/spoiler]

Boardtrack
[spoiler]


berasal dari sebuah ajang balap di trek tanah yg rata, booming lagi semenjak builder Chicara Nagata menang kontes showbike internasional. belakangan, beberapa builder disini juga sempet ngebangun motor dengan tampilan seperti ini, paling ngetop buatannya workshop Daritz Design Jogja dengan basic honda GL, KZ200, dll
[/spoiler]

Street Bobber
[spoiler]


sesuai dengan filosofi bobber secara umum, yakni ban besar, street bobber juga menggunakan ban besar dan tinggi di bagian depan dan belakang, tak jarang ban depan berukuran sama dengan ban belakang, malah hingga terlihat kurang proporsional dengan dimensi motor secara keseluruhan, namun masih layak jalan
[/spoiler]
« Last Edit: July 11, 2012, 01:15:44 AM by secureparking »

Offline madballx

*
  • Venus Enthusiast
  • *****
  • 3.592
Re: Street Custom
« Reply #1 on: April 19, 2012, 12:51:32 PM »
Wah, ternyata banyak juga alirannya ya, ane baru tau
lumayan, nambah pengetahuan

Offline tomcat

*
  • **
  • 181
Re: Street Custom
« Reply #2 on: May 02, 2012, 05:10:56 PM »
wah keren ya  :shocked:
totong totong thunder ah biar jadi kaperacer  :evil:
Re: Street Custom
« Reply #3 on: May 07, 2012, 07:22:32 PM »
Socal kalo diliat dari sudut pandang per"chopper"an ternyata lebih tua daripada Sinners :undecided:
seumuran ama digger style & chopper "easy rider", pantesan gaya2nya jadul banget, tapi cocok sih kalo diaplikasi ke motor cc kecil  :Sure:

*barutausetelahliatbikersbuiltofflarryvsmondo.....[/size] :hi:
Re: Street Custom
« Reply #4 on: May 07, 2012, 11:37:01 PM »
Socal kalo diliat dari sudut pandang per"chopper"an ternyata lebih tua daripada Sinners :undecided:
seumuran ama digger style & chopper "easy rider", pantesan gaya2nya jadul banget, tapi cocok sih kalo diaplikasi ke motor cc kecil  :Sure:

*barutausetelahliatbikersbuiltofflarryvsmondo.....[/size] :hi:
wah ada kakak dari strit kastem  :big:
ada tambahan lagi gak kakak?  :boobsflirt:
Re: Street Custom
« Reply #5 on: May 09, 2012, 02:48:56 PM »
wah ada kakak dari strit kastem  :big:
ada tambahan lagi gak kakak?  :boobsflirt:

ketika sepuh berbicara  :boobsflirt:
Re: Street Custom
« Reply #6 on: May 10, 2012, 07:02:40 PM »
ada tambahan lagi gak kakak?  :boobsflirt:

ketika sepuh berbicara  :boobsflirt:

pada ngangkat baju, kaya yg toketnya gede ajah  :evil:

alamat bengkel2 rujukan perlu ga? mumpung udah ada yg ngerangkumin nih :)
http://streetkustom.wordpress.com/2010/01/11/bengkel-rujukan/

Offline sepele

*
  • **
  • 185
Re: Street Custom
« Reply #7 on: May 10, 2012, 07:38:47 PM »
pada ngangkat baju, kaya yg toketnya gede ajah  :evil:

alamat bengkel2 rujukan perlu ga? mumpung udah ada yg ngerangkumin nih :)
http://streetkustom.wordpress.com/2010/01/11/bengkel-rujukan/

mantap kaka  :shaking:
eiya itu x-k bisa modip jadil juga ya kirain khusus minor  :Woooot:

Re: Street Custom
« Reply #8 on: May 14, 2012, 12:21:49 AM »
mantap kaka  :shaking:
eiya itu x-k bisa modip jadil juga ya kirain khusus minor  :Woooot:

blognya udah lama ga diupdate kayanya  :cheesy:

kalo sekarang sih iya, tapi dulu sebelum terbentuk Minor Fighter si mas agus DJ X-K kan sukanya ngebangun trail, dan sempet juga bikin japs2an gitu, nih buktinya :
http://otomotifzone.com/2010/10/28/honda-tiger-1997-purwokerto-it%E2%80%99s-me%E2%80%A6/
[SPOILER]


[/SPOILER]

Offline tomcat

*
  • **
  • 181
Re: Street Custom
« Reply #9 on: May 14, 2012, 12:27:25 AM »
blognya udah lama ga diupdate kayanya  :cheesy:

kalo sekarang sih iya, tapi dulu sebelum terbentuk Minor Fighter si mas agus DJ X-K kan sukanya ngebangun trail, dan sempet juga bikin japs2an gitu, nih buktinya :
http://otomotifzone.com/2010/10/28/honda-tiger-1997-purwokerto-it%E2%80%99s-me%E2%80%A6/
[SPOILER]


[/SPOILER]

karyanya mas agus emang wokeh dah bikin goyang goyang gimana gitu  :shaking:

Offline cleonaraz

*
  • 3
  • OTO MJ GARAGE MODIFICATION BANDUNG
Re: Street Custom
« Reply #10 on: May 16, 2012, 03:38:27 PM »
ikut gabung kakak....
nubie salam kenal dr bandung :)
Re: Street Custom
« Reply #11 on: May 16, 2012, 03:43:26 PM »
ikut gabung kakak....
nubie salam kenal dr bandung :)

ada suhu :Woooot:
ajak yang lain dong om biar rame  :wink:

Offline cleonaraz

*
  • 3
  • OTO MJ GARAGE MODIFICATION BANDUNG
Re: Street Custom
« Reply #12 on: May 16, 2012, 03:50:42 PM »
ada suhu :Woooot:
ajak yang lain dong om biar rame  :wink:

saya masih nubie kk.... :Sad:

coba nanti ya perlahan2 ajakin satu2 deh tuh suhu2 yang beneran nya  :Smiley:

Offline intel

*
  • ****
  • 3.557
Re: Street Custom
« Reply #13 on: May 26, 2012, 05:43:08 PM »
ikut numpang parkir broo
Re: Street Custom
« Reply #14 on: May 27, 2012, 03:50:22 PM »
ikut gabung kakak....
nubie salam kenal dr bandung :)

asa kenal idnyah  :grin:
sebarkan racunnya mangs, diantos karya2nya  :shaking: