Guest
Trik urus surat moge bodong / no paper
« on: January 06, 2014, 12:44:52 AM »


Banyak sekali rekan2 penghobi sepeda motor lawas maupun baru ber silinder besar yang tergiur murahnya harga moge no paper, perbedaan harga hingga 50% seringkali membuat gelap mata, meskipun bikerspit sudah melakukan kroscek ke samsat dan pihak yang berwenang yaitu bagian registrasi dan identifikasi kendaraan di kepolisian, bahwa 100% moge-moge tanpa surat itu sejatinya tidak akan bisa memiliki surat secara resmi sampai kapanpun, dan sebab itu tidak memiliki harga jual.

namun dari beberapa informasi pembicaraan dan forum2...ada beberapa trik nakal yang bisa dilakukan untuk mengurus surat-surat motor secara resmi disini.

yang pertama musti lu siapin duit banyak, tmn di luar negeri, cari motor dengan surat2 yg taun+tipe+warna sama, pinjem surat2nya (biasanya ampuh pake alasan pura2 mau beli) di scan dan edit nosin+noka sesuai motor elu, bs lu akalin lah kan pd pinter2 pake sotosop hahaa, di print dan trs di scan.

Pertama yg di urus di bea cukai ada 3 surat untuk pajak dan informasi seputar kendaraan, dari ke 3 surat ini, 1 surat yg susah di dapet, surat keterangan asal barang, makan waktu ampir 3 bln, krn meskipun uda lu scan tu surat mobil asal, ga brati cukai sini percaya, lu mesti cari org yg mau di umpanin dan berakting layaknya pemilik sebelumnya. Uda komplit, lunasin form A nya. Uda keluar form A nya, bawa ke samsat polda daftarin.

Proses ini yg ribet stck nya karena kendaran bekas pakai, pasti makan duit agak banyak drpd jd korban ditanyain ini-itu, tp proses nya cpt shari kelar. Stck jadi lu bawa berkas2 nya (3 surat dr cukai, stck, form a, formulir bpkb). Trs di cap banyak, abis gt di kasi kertas buat gesek, uda di gesek, abis gt bawa ke petugas verifikasi (beda lg ruangan nya, di sini bnyk bgt stempel yg di taburin, di kasi kertas merah). Uda gt serahin ke yg tmpt bikin stck. Bsk nya tagihan keluar, itungan kmaren 10% dr harga faktur (yg uda lu scan td, tp nominal nya jgn lu murah2in, takut nya mereka uda punya patokan) trs yg parah bayar pajek nya, di hitung dr taun mbl itu (Misal mbl lu taun 95, ya dr taun 95 lu bayar pajak nya). Uda kelar, trs lu ke petugas stnk, ntar di kasi surat buat ambil plat nomor putih deh, jadii. Abis gt 12 hari jd stnk, 45 hari jadi bpkb.

Proses nya krn gw ga lewat calo (krn ga ada yg sanggup), gw coba ikutin apa kata petugas2 nya, butuh waktu 6bln. Biaya nya, hmmmmm ga worthed lah

cerita dari forum modifikasi.com