Guest
MotoGP Texas 2013: Super Marquez Kandaskan Lorenzo di Austin
« on: April 22, 2013, 03:43:45 AM »


AUSTIN (DP) — Super Marquez! Itulah kalimat yang rasanya tepat untuk melukiskan keperkasaan debutan MotoGP Marc Marquez di seri MotoGP Texas 2013 di Sirkuit Austin, MInggu (21/4).

Pebelap tim Repsol Honda ini berhasil mencapai podium pertama sekaligus menjadi gelar pertama dan rekor terbaru pebalap termuda yang pernah menggapai juara pertama di kelas MotoGP.

Marquez tak hanya melampaui rekan satu timnya, Dani Pedrosa, tapi juga juara dunia MotoGP 2012 Jorge Lorenzo. Pebalap berusia 20 tahun 154 hari ini finsih terdepan dengan waktu 43 menit 42,123 detik, atau lebih cepat 1,534 detik dari Pedrosa di tempat kedua, 3,381 detik Lorenzo di posisi ketiga.

Sementara itu, Cal Crutchlow yang tampil agresif puas menduduki posisi keempat, diikuti Stefan Bradl. Valentino Rossi yang sempat memberikan jabatan tangan kepada Marquez di lintasan finish berada di posisi keenam, setelah berhasil menundukkan Andrea Dovizioso dan Alavro Bautista.

Kemenangan dua pebalap Honda di Austin semakin melengkapi keperkasaan tim ini sepanjang pekan. Sejak sesi latihan pertama hingga babak kualifikasi, kedua pebalap Honda mendominasi dari Yamaha.

Lorenzo sendiri mengakui kekuatan Honda di Austin, dan memahami kelemahan sepeda motornya di sirkuit yang memiliki lintasan lurus sangat panjang ini.

Marques yang start dari pole position sempat kehilangan posisi terdepan ketika Pedrosa menyalipnya. Namun upaya keras membuntuti seniornya itu dituntaskan jelang delapan putaran tersisa.

Marquez mengambil alih posisi Pedrosa pada sebuah tikungan kiri dari sisi dalam. Sejak saat itu, pebalap Spanyol juara dunia Moto2 2012 ini terus memimpin dan menjaga jarak aman dari rekan satu timnya.

Kemenangan ini menjadi begitu manis bagi Marquez karena dia juga menjadi pebalap MotoGP pertama yang mencapai podium pertama di Sirkuit Austin yang baru menggelar seri MotoGP. Pada seri sebelumnya di Qatar, Marquez juga menggapai podium di posisi ketiga. [dp/GRG]