Guest
Regulasi Baru Untuk MotoGP Musim 2014
« on: July 29, 2013, 02:09:11 AM »


Otosia.com - MotoGP merilis revisi daftar regulasi terbaru yang akan diberlakukan sejak tahun 2014 nanti. Regulasi ini telah disepakati dalam rapat yang digelar di Sirkuit Sachsenring, Jerman pada 13 Juli lalu.

Rapat ini dihadiri CEO Dorna Sports selaku promotor, Carmelo Ezpeleta beserta beberapa perwakilan dari Federasi Balap Motor Dunia (FIM), Asosiasi Tim Balap (IRTA) dan Asosiasi Konstruktor Balap (MSMA).

Tim Nonpabrikan:1) Modifikasi mesin dan perubahan sasis diperbolehkan selama musim balap berlangsung.2) Seluruh peserta diwajibkan menggunakan perangkat elektronik (ECU) resmi MotoGP, termasuk internal datalogger dan paket software resmi MotoGP.3) Kapasitas maksimal bahan bakar adalah 24 liter.4) Jumlah maksimal penggunaan mesin per pebalap, per musim adalah 12 mesin.

Tim Pabrikan:1) Semua konstruktor (termasuk konstruktor motor dan konstruktor sasis) dapat menurunkan maksimal empat pebalap yang akan berpartisipasi dengan status "pabrikan".2) Penggunaan ECU resmi MotoGP adalah wajib. Meski begitu, seluruh konstruktor diperbolehkan untuk mengembangkan dan menggunakan software mereka sendiri.3) Kapasitas maksimal bahan bakar adalah 20 liter.4) Jumlah maksimal penggunaan mesin per pebalap, per musim adalah lima mesin. Konstruktor yang baru pertama kali berpartisipasi diperbolehkan menggunakan sembilan mesin per pebalap, per musim.5) Desain dan perangkat internal mesin yang digunakan harus sesuai dengan regulasi homologasi MotoGP, yakni tidak diperbolehkan untuk diubah selama musim balap berjalan. Poin ini tidak termasuk konstruktor yang baru menjalani musim pertamanya di MotoGP.

Regulasi MotoGP terbaru ini digulirkan mengingat kategori Claiming Rule Team (CRT) yang menggunakan mesin produksi massal dan sasis prototipe akan dihapus mulai musim depan. (mgp/kny)